Jokowi Blusukan Ke Pasar Tradisional Balige

1
PRESIDEN Jokowi saat dikerumuni warga di Pasar Tradisional Doloksanggul. Waspada/Horden Silalahi
PRESIDEN Jokowi saat dikerumuni warga di Pasar Tradisional Doloksanggul. Waspada/Horden Silalahi

DOLOKSANGGUL (Waspada): Presiden Jokowi didampingi Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan melakukan blusukan ke Pasar Tradisional Balige, Kab. Toba Samosir (Tobasa) dan Pasar Tradisional Doloksanggul, Kab. Humbang Hasundutan (Humbahas), Jumat (15/3).

Jokowi tiba di Pasar Tradisional Balige pukul 08.00 WIB dan selanjutnya tiba di Pasar Tradisional Doloksanggul pukul 11.20 WIB. Di Pasar Tradisional Balige, Jokowi sempat menanyakan harga jual hasil pertanian kepada sejumlah pedagang. Namun, para pedagang justru malah berebut untuk berfoto bersama dengan Jokowi.

Salah satu harga komoditi pertanian yang ditanyakan Jokowi kepada pedagang adalah, jeruk. “Berapa satu kilo harga jeruknya?,” tanya Jokowi sambil memegang sebuah jeruk. Namun, pedagang tersebut justru menawarkan jeruk tersebut secara gratis.

“Saya kasi gratis sama bapak,” tukas penjual jeruk yang mengaku bernama Marlina. “Yang saya tanya harganya,” timpal Jokowi sambil tertawa. Usai blusukan di Pasar Tradisional Balige, Jokowi langsung menuju SMK Negeri 1 Balige di Sopo Surung untuk menyerahkan KIP (kartu Indonesia pintar).

Selanjutnya, rombongan presiden langsung bertolak ke Kab. Humbahas untuk mengunjungi Pasar Tradisional Doloksanggul. Setibanya di pasar tersebut, Jokowi langsung disambut ribuan warga Kota Doloksanggul.

Meski dalam pengawalan ketat Paspampres (pasukan pengamanan presiden), warga tetap berupaya untuk bersalaman dan foto bersama dengan Jokowi. “Saya sudah menyalam pak presiden, saya sudah memeluknya,” ujar seorang ibu paruh baya kegirangan.

Di Pasar Tradisional Doloksanggul, Jokowi mengunjungi pedagang Ulos Batak. Sedangkan Iriana Jokowi menyempatkan diri belanja kacang dari pedagang. Usai blusukan, Jokowi langsung menuju Masjid Raya Doloksanggul untuk Shalat Jumat. Di sekitar area masjid, warga kembali membludak sambil menunggu Jokowi selesai melakukan Shalat.

“Jokowi adalah Presiden dengan tipe pemimpin era modern. Beliau banyak melakukan terobosan-terobosan baru yang berpihak kepada rakyat. Saya sangat bangga terhadap Pak Jokowi,” ungkap seorang warga, Lambok Lumban Gaol, 55. Sedangkan warga lainnya, Effendy Marbun, 49, mengatakan, bahwa Jokowi adalah Presiden yang paling dekat dengan rakyatnya.

“Pak Jokowi itu sosok Presiden yang bisa dekat rakyatnya tanpa memandang suku dan agama. Ia (Jokowi) pemimpin yang lahir dari rakyat biasa. Kita sebagai warga sebangsa dan setanah air patut bangga memiliki pemimpin seperti beliau. Era Jokowi, kawasan Danau Toba sudah mulai dibenahi infrastrukturnya. Termasuk percepatan jalan lingkar Danau Toba yang berada di tujuh kabupaten di Sumatera Utara,” papar Effendy.

Usai mengunjungi ke dua kabupaten tersebut, Jokowi melanjutkan perjalanan ke Kab. Tapanuli Utara (Taput) untuk menghadiri silaturahmi dengan TKN (tim kampanye nasional) pemenangan Capres nomor urut 1 Jokowi-Ma’ruf. (chs)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here