Satpol PP Sabang Operasi Hewan Ternak

0

SABANG (Waspada): Satuan Polisi Pamong Praja dan WH Kota Sabang melakukan operasi penertiban hewan ternak yang berkeliaran di jalan raya, Jumat (15/3). Kepala Bidang Operasi dan Pengendalian Satpol PP-WH kota Sabang Roslan mengatakan, mengingat masih kurangnya kesadaran masyarakat terhadap dampak buruk dari hewan ternak yang dibiarkan lepas ke jalan raya, pihaknya terus melakukan razia dan operasi penertiban.

“Masyarakat juga kewalahan dengan berkeliarannya ternak ini, karena mengganggu keselamatan pengendara di jalan raya,” kata Roslan. Dia juga mengatakan, dalam menjalankan operasi pihaknya sering dihadapkan dengan prilaku warga yang tidak wajar, bahkan ternak yang terjaring operasi seringkali merupakan ternak dengan status kepemilikan orang yang sama. Untuk itu dia menyarankan setiap gampong (desa) dapat membuat qanun (aturan) terkait hal ini, yang merujuk kepada qanun yang dikeluarkan pemerintah saat ini.

“Sesuai aturan denda untuk satu ekor kambing Rp100 ribu. Ongkos potong makanan kambing Rp20 ribu per hari. Kalau sapi Rp300 ribu. Namun demikian ada juga pemilik datang sambil menangis-nangis gak ada uang untuk bayar. Tapi si pemilik ini sampai sekarang belum juga jera. Kalau menurut saya sepertinya yang lebih kuat untuk ini qanun dari gampong daripada qanun Pemda,” sebutnya. Saat operasi, pihaknya menjaring sembilan ekor hewan ternak terdiri dua ekor sapi dan tujuh ekor kambing, yang saat ini telah diamankan pihaknya. (b31)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here