Tribut Korban Teror Brenton

1
Twitter

LONDON (Waspada): Asosiasi Sepakbola (FA) Inggris memastikan bakal ada acara penghormatan terhadap korban teror di Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru, 15 Maret lalu.

Tribut itu akan dilakukan tatkala Timnas Inggris menjamu Republik Ceko pada matchday 1 kualifikasi Euro 2020 di Stadion Wembley, Sabtu (23/3) dinihari mulai pkl 0245 WIB.

“Kami akan melakukan tribut untuk korban tragedi kekerasan di Selandia Baru saat Timnas Inggris melawan Republik Ceko,” demikian pernyataan resmi FA, Selasa (19/3).

“Kami akan mengingat semua orang yang terkena dampak peristiwa mengerikan di Christchurch tersebut,” tambah pernyataan itu.

Sebanyak 50 orang meninggal dunia akibat tembakan senjata berlaras panjang yang dilancarkan teroris dan psikopat bernama Brenton Tarrant. Semula FA terkesan pasif dengan tragedi dimaksud dan Liga Premier juga tanpa tribut saat menggelar matchday 31 akhir pekan lalu.

Yunus Lunat (foto), mantan Ketua Dewan Kesetaraan Ras FA, lantas mengkritiknya dengan menyebut ada kemunafikan yang ditunjukkan negaranya, karena tidak memberi penghormatan kepada para korban teror Brenton.

Berbeda sekali dengan pasca serangan di Paris pada November 2015. Ketika itu para pemain Liga Premier mengenakan kain warna hitam di lengan dan menyanyikan lagu kebangsaan Prancis.

Ketua Liga Primer Richard Scudamore mengatakan itu dilakukan sebagai bentuk “solidaritas dan kenangan” setelah serangan di Paris yang menewaskan 130 orang.

“Tidak ada alasan, kapan pun sesuatu terjadi, bahkan pada skala yang sama, sepakbola selalu bersikap dan melakukan penghormatan. Apa yang terjadi sekarang adalah standar ganda dan sikap munafik,” kecam Yunus melalui BBC.

“Berdiam diri selama semenit adalah tindakan yang tepat. Ketika hal itu dilakukan sebagai tanggapan atas sebuah peristiwa, seharusnya itu dilakukan siapa pun terhadap setiap serangan,” tambahnya.

Pernyataan Yunus kemudian menimbukan pro kontra di Negeri Britania. Banyak yang mendukungnya karena membandingkan dengan yang dilakukan pada olahraga rugby, tetapi ada pula juga penolakan.

Enam negara dan laga liga rugby melakukan penghormatan atas insiden tersebut pada akhir pekan lalu. Tetapi tribut tidak dilakukan dalam laga Liga Utama Inggris dan Piala FA. (m15/bbc)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here