BBPOM Medan Sita Ribuan Produk Ilegal

1
KEPALA BBPOM di Medan Yulius Sacramento Tarigan memeriksa makanan dan minuman ilegal di gudang Jl. Muara Takus, Kel. Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Jumat (22/3). Waspada/Mursal AI
KEPALA BBPOM di Medan Yulius Sacramento Tarigan memeriksa makanan dan minuman ilegal di gudang Jl. Muara Takus, Kel. Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Jumat (22/3). Waspada/Mursal AI

MEDAN (Waspada): Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Medan menyita ribuan produk makanan dan minuman ilegal dari lima gudang yang berada di Jl. Muara Takus, Kel. Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Jumat (22/3).

Kepala BBPOM Medan Yulius Sacramento Tarigan mengatakan, produk makanan dan minuman yang terdiri dari susu bubuk, tepung-tepung, minuman botol, dan produk makanan lainnya itu dibuat dari Malaysia dan Thailand.

“Operasi dilakukan setelah kami menerima informasi tentang produk makanan dan minuman ilegal yang dikirim dari luar negeri ke Medan. Temuan kasus ini taraf titik awal, yang masih perlu telusur tindaklajuti lagi,” kata Yulius.

Setelah adanya informasi tersebut, menurut dia, petugas BBPOM yang dibackup oleh Polda Sumut, langsung melakukan sidak bersama ke lima gudang. “Setelah kita tahu tempat barang-barang tersebut, tim langsung menjumpai di lima gudang yang berada di Jl. Muara Takus,” ujarnya.

Dari lima gudang tersebut, kata Yulius, ternyata memang benar produk makanan dan minuman yang tidak memiliki izin edar alias ilegal. “Produk makanan yang lebih disukai adalah Milo dari Malaysia, saos tiram dan tepung-tepung yang diperoleh dari Thailand. Petugas menyelamatkan barang-barang itu menggunakan 2 L300 sama 1 colt diesel,” sebutnya.

Sacramento menuturkan, produk-produk ilegal ini akan terus dikembangkan oleh petugas untuk mencari sumber yang memasok produk ilegal itu. “Beberapa barang ilegal dan pelakunya akan kami kembangkan dan akan melakukan penyelidikan untuk melakukan tindakan yang sesuai aturan,” tuturnya.

Razia ini, kata Sacramento, dilakukan untuk menjamin perlindungan terhadap konsumen membeli produk yang dijamin keamanannya dan manfaatnya, karena jaminan itu produk yang terdaftar. (h02)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here