Memphis Mau Lebih

1
BINTANG kemenangan Belanda Memphis Depay (tengah), membobol gawang Belarus yang dikawal kiper Andrey Gorbunov dengan tendangan 12 pas di Rotterdam. Reuters
BINTANG kemenangan Belanda Memphis Depay (tengah), membobol gawang Belarus yang dikawal kiper Andrey Gorbunov dengan tendangan 12 pas di Rotterdam. Reuters

ROTTERDAM (Waspada): Memphis Depay mencetak dua gol dan berkontribusi lagi dalam dua gol lainnya, Kamis (Jumat WIB), ketika Belanda menggunduli Belarus 4-0 pada laga pembuka Grup C kualifikasi Euro 2020.

Depay pun menjadi pemain termuda yang mencapai 14 gol bersama Belanda dalam usia 25 tahun 36 hari, sejak striker Patrick Kluivert melakukannya dalam usia 22 tahun 339 pada 1999 silam.

Namun bintang klub Olympique Lyon itu ternyata belum puas. Memphis ingin segera mencetak hatrik saat De Oranje menjamu tim kuat Jerman pada matchday 2 Grup C, Senin (25/3) dinihari mulai pkl 0245 WIB.

“Jika Anda mencetak dua gol, Anda tentu ingin mencetak gol ketiga. Asumsi saya memang tidak sepenuhnya benar,” jelas Memphis melalui NOS, Jumat (22/3).

“Saya akan menyimpan hatrik ini untuk laga mendatang. Jika memulai duel seperti ini, secara alami malam kami akan menjadi lebih mudah,” tambah mantan winger Manchester United dan PSV Eindhoven itu.

Berkat aksinya merusak Belarus di Rotterdam, Memphis menyusuli jejak sukses legenda Arjen Robben dan Robin van Persie (2014) sebagai pemain yang terlibat atas hadirnya tiga gol dalam satu laga.

“Kami mengatakan satu sama lain sebelum melakoni laga ini bahwa sepuluh menit pertama kami harus segera mencari gol,” beber Depay.

Kinerja duo Liverpool, gelandang Georginio Wijnaldum dan bek sentral Virgil van Dijk, terbukti membuat Meneer sangat solid sekaligus jarang sekali mendapat ancaman serius dari tamunya.

Belanda asuhan pelatih Roenal Koeman unggul cepat di 50 detik pertandingan berjalan, saat umpan berisiko Igor Shitova dicuri Depay dan bola tendangannya pun masuk ke gawang Belarus.

Tim tuan rumah menambah keunggulannya menit 55, ketika Mikhail Sivakov menjatuhkan Wijnaldum di dalam kotak penalti. Dengan percaya diri Depay mengkonversi penalti menjadi gol ketiga untuk Belanda.

Pasukan Koeman memainkan 20 menit terakhir hanya dengan 10 pemain. Pasalnya, bek kanan Kenny Tete selaku pemain pengganti ketiga, mengalami cedera hamstring hanya sekitar 20 detik setelah masuk lapangan.

Namun dengan jumlah pemain yang lebih sedikit, tim Kincir Angin masih mampu menambah gol keempat di empat menit terakhir melalui kaki Van Dijk hasil dari umpan matang Depay. Sejak September 2017, Memphis berarti telah mencetak 10 gol dan empat assist buat Meneer.

“Saya selalu katakan bahwa dia pemain hebat. Dia mungkin lagi tampil buruk di klub, tapi dia jika bermain tanpa beban dan penuh percaya diri,” puji Koeman.

“Dia bisa berbuat apapun. Memphis pemain yang sangat penting untuk kami, dia sudah membuktikannya di kompetisi ini,” pungkasnya.

Pada pertandingan Grup C lainnya, Niall McGinn dan Steven Davis (penalti) mencetak gol di babak kedua ketika Irlandia Utara mengungguli Estonia 2-0 di Windsor Park. (m15/nos/rtr)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here