Komunitas Hidroponik Sumut Gelar Pelatihan Hidroponik

0
Ketua komunitas hidroponik Sumut Mhd. Nazri Syahputra saat meninjau kebun hidroponik miliknya di Medan.

MEDAN (Waspada): Komunitas Hidroponik Sumut akan menggelar pelatihan budidaya hidroponik dasar di restoran Wong Solo jalan Gajah Mada Medan, Minggu mendatang, tanggal 31 Maret 2019.

Pelatihan ini akan dibawakan langsung oleh Mhd. Nazri Syahputra selaku Ketua Komunitas Hodroponik Sumut.

Menurut Nazri, menanam tanaman dengan sistem hidroponik akan mendapatkan hasil yang bagus jika diiringi dengan hobi. Karena jika dimulai dari hobi maka akan sangat berpotensi untuk dijadikan bisnis.

“Di era modern ini, menanam dengan sistem hidroponik adalah alternatif yang tepat untuk mendapatkan sayuran dan buah-buahan di lahan yang sempit atau terbatas. Ditambah lagi dengan kondisi negara Indonesia yang beriklim tropis adalah tempat yang cocok untuk menerapkan metode ini,” ungkap Mhd. Nazri Syahputra Rabu (26/3) saat berkunjung ke Kebun Hidroponik miliknya.

Nazri menjelaskan, potensi sayuran hidroponik sangat besar sekali terutama di kota Medan dengan permintaan pasar yang sangat besar dan masih terbatasnya penggiat yang menseriusinya jadi lahan bisnis.

“Hidroponik sendiri berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata. Yakni hydro dan ponos. Hydro yang artinya air dan ponos yang artinya kerja. Maka bisa disimpulkan, pengertian tanaman hidroponik adalah suatu teknik budidaya tanaman dengan memanfaatkan air sebagai media tanam yang kaya dengan berbagai nutrisi. Sehingga dengan teknik ini maka dapat mempermudah dalam pengendalian hama, penyakit dan efek pencahayaan yang sering dialami oleh tanaman,” urai Nazri.

Menanam tanaman dengan sistem hidroponik katanya, merupakan suatu metode yang ramah lingkungan. Karena dalam pembudidayaannya tidak perlu menggunakan pestisida atau bahkan herbisida yang beracun.

Meskipun sistem hidroponik menggunakan air sebagai media tanamnya akan tetapi dalam prakteknya air yang diperlukan dalam bercocok tanam tidaklah sebanyak seperti budidaya dengan cara konvensional.

Dan dalam perawatannya juga tidak perlu dilakukan penyiraman secara rutin. Sehingga ini menjadi faktor mengapa hasil tanamannya lebih aman dan sehat.

Komunitas Hidroponik Sumut selalu memberikan edukasi dan pengenalan hidroponik ke masyarakat luas terutama Sumatera Utara dan Kota Medan sebagai Pusat.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan ini dapat mendaftar ke Pengurus Pusat melalui no.telp : 0852-7738-8005.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here