2 Kurir 20 Kg SS Divonis Mati

1
TERDAKWA Mardhani alias Dani saat mendengarkan putusan hukuman mati atas kepemilikan 20 Kg SS. Waspada/Sapriadi
TERDAKWA Mardhani alias Dani saat mendengarkan putusan hukuman mati atas kepemilikan 20 Kg SS. Waspada/Sapriadi

KISARAN (Waspada): Terbukti bersalah dua kurir 20 kg sabu-sabu divonis mati oleh PN Kisaran, Rabu (28/3) sore. Dua tersangka ini disidangkan terpisah, yang pertama di sidangkan terdakwa Marzuki, alias Zuki,43, warga Jln Cempaka, Kel Cempak, Kec Simpang Empat.

Dalam amar putusan yang dibacakan Hakim Ketua Dr Ulina Marbun , SH, MH, dengan Hakim Anggota Rahmat HA Hasibuan, SH, MKN, dan Miduk Sinaga SH, dengan JPU Roi Baringin Tambunan, menyampaikan sejumlah pertimbangan terhadap terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam melakukan pemberantasan narkotika, perbuatan terdakwa merusak mental anak bangsa.

Sementara itu, terdakwa Marzuki disebut pada tahun 2016, pernah berhasil menyelundupkan sabu-sabu seberat 5 Kg dan telah menikmati hasilnya. Sehingga majelis hakim berpendapat bahwa terdakwa Marzuki terbukti melanggar Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 112 ayat (1) UU tentang penyalahgunaan narkotika.

“Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa Marzuki alias Zuki dengan hukuman mati,” tegas Ulina. Selanjutnya sidang kedua, vonis yang sama dijatuhkan kepada rekan terdakwa Mardhani, alias Dhani,42, warga Jln DI.Panjaitan, Aek Loba, Kec Aekkuasan, Kab Asahan.

Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa Mardhani alias Dani dengan hukuman mati,” jelas Ulina. Sedangkan penasehat hukum dua terdakwa Sartika Sari SH didampingi rekannya Yeni SH, dikonfirmasi Waspada, menyatakan masih mempertimbangkan untuk banding atas putusan itu.

“Klien kami masih pikir-pikir,” jelasnya. Sebelumnya dua terdakwa ini dituntut oleh JPU hukuman penjara seumur hidup, dengan dakwaan melanggar Pasal 114 ayat 2, Jo Pasal 132 ayat 1, UU RI No 35/2009 tentang Narkotika, terkait kepemilikan SS 20 Kg.

Dua tersangka ini ditangkap oleh Direktorat Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri, yang pertama kali diamankan Marzuki di rumahnya, pada Senin 24 September 2018, karena keterlibatan menjemput SS di 3 jerigen seberat 20 Kg, di kawasan Desa Pasar Baru, Kec Tanjungbalai, Kab Asahan, dan mengantarnya ke Mardhani ke rumahnya Jln DI.Panjaitan, Ke Aek Loba, Kc Aekkuasan, Kab Asahan, sambil menunggu arahan kemana barang haram ini akan diantarkan. Karena ditangkapnya Marzuki, Mardhani ikut tertangkap dengan barang bukti 3 jerigen berisi SS seberat 20 Kg. (a15/a31)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here