133 Siswa MAN 1 Sidimpuan Lolos PTN

0
KEPALA MAN 1 Sidimpuan Jumahana Pohan bersama guru dan siswa. Waspada/Ist
KEPALA MAN 1 Sidimpuan Jumahana Pohan bersama guru dan siswa. Waspada/Ist

P. SIDIMPUAN (Waspada): 113 Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Padangsidimpuan tahun ini dinyatakan lulus masuk ke sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Pulau Sumatera dan Jawa.

“Alhamdulillah, 93 siswa kita lulus Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN). 40 Lagi lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri,” kata Kepala MAN 1 Padangsidimpuan Dra Jumahana Pohan, Jumat (12/4).

PTN yang sukses ‘ditembus’ siswa MAN 1 Sidimpuan itu ialah Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, Universitas Syiah Kuala Aceh. Universitas Riau, Universitas Sriwijaya, Universitas Jakarta, Institut Pertanian Bogor, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung dan Universitas Soedirman.

Hal ini merupakan prestasi membanggakan bagi MAN 1 Sidimpuan. Keberhasilan ini tidak lepas dari berbagai upaya yang mereka galakkan dalam rangka peningkatan prestasi anak didik, baik bidang akademik mau pun non akademik.

Kepada siswa yang tidak lulus mengikuti kedua seleksi masuk PTN tersebut, Jumahana berharap agar tidak putus asa dan teruslah berusaha. Termasuk di antaranya mencoba ikut kesempatan Ujian Masuk (UM) PTKIN yang baru dibuka pendaftarannya.

Prestasi

Jumahana juga beberkan berbagai prestasi diraih MAN 1 Padangsidimpuan. Antara lain juara I dan II Olimpiade Sains Nasional tingkat Kota Padangsidimpuan mata pelajaran Biologi. Juara I mata pelajaran Teknologi Informatika Komputer.

“Dari berbagai upaya yang kita lakukan pada proses belajar mengajar dan ekstra kurikuler, kami yakin MAN 1 Padangsidimpuan semakin baik dan terus meraih prestasi. Semua ini tidak terlepas dari kerjasama seluruh guru dan pegawai kita,” katanya.

Sementara Pembina Pramuka MAN 1 Padangsidimpuan Rasdin Sumarlin Siregar menambahkan, pada perkemahan Saka Bhayangkara di Sibolangit (28 Februari-3 Maret) mereka meraiih peringkat VI kategori lomba Tari Kreasi Daerah.

Kemudian menjadi tim terbaik pada Paspramsat Bambu Series 9 tahun 2019, dan juara IV Danton terbaik Paspramsat. “Pada MTQN Kota Padangsidimpuan bulan kemarin, siswa kita dipercaya sebagai pengibar bendera,” terangnya. (a27)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here