Mahasiswa Langsa Kecam Aksi Represif Kepolisian

0
AKSI mahasiswa saat mendatangi Mapolres Langsa, Jumat (12/4). Waspada/dede
AKSI mahasiswa saat mendatangi Mapolres Langsa, Jumat (12/4). Waspada/dede

LANGSA (Waspada): Seratusan mahasiswa tergabung dalam aksi solidaritas mahasiswa se-Aceh mengecam aksi represif pihak kepolisian terhadap mahasiswa yang berunjukrasa menolak izin usaha pertambangan, dan masih bertahan di kantor Gubernur Aceh.

Aksi dilakukan di Lapangan Merdeka Langsa, Jumat (12/4). Ratusan mahasiswa selanjutnya melakukan long march dari Lapangan Merdeka menuju tugu lantas di Jalan Medan-Banda Aceh.

Di persimpangan tugu lantas, dikawal aparat kepolisian ratusan mahasiswa menyampaikan orasi sembari membakar ban bekas. Aksi itu sempat membuat kemacetan. Kemudian mahasiswa kembali menuju ke Mapolres Langsa untuk berjumpa Kapolres.

Kordinator Lapangan Mahasiawa, Arifaldi Natalsyah dalam petisinya menuntut netralitas aparat kepolisian, sekaligus sebagai pengawal masyarakat. “Kami menuntut Polres Langsa mendesak Polda Aceh terhadap pegawai honorer yang menghina dan melecehkan mahasiswa,” pintanya.

Kemudian menuntut Kapolres Langsa menandatangani surat perjanjian bersama mahasiswa Langsa, agar kejadian represif yang terjadi pada mahasiswa Aceh tidak terulang lagi di Aceh, khususnya Kota Langsa.

“Kami menuntut Kapolres Langsa agar mengecam seluruh aparat kepolisian khususnya Kota Langsa, agar tidak membela atau pun membentengi pejabat dan segelintir oknum dengan kepentingan apa pun, karena kalian adalah pelayan masyarakat,” tegasnya.

Sementara Kapolres Langsa AKBP Andy Hermawan, SIK. MSc yang hadir di tengah-tengah mahasiswa menyatakan, mahasiswa adalah bagian dari kepolisian, sehingga apa pun yang bisa dibantu untuk mendukung aspirasi mahasiswa, untuk itu pihaknya akan membantu.

Selain itu, ia selalu menekankan kepada anggotanya terkhusus saat ini di Polres Langsa untuk memiliki moralitas kepada siapa pun, begitu juga kepada mahasiswa yang sedang menyuarakan aksi rakyat. Di akhir penyampaiannya Kapolres menandatangani petisi berisikan 4 tuntutan mahasiswa Langsa. Setelah itu, ratusan mahasiswa pun kembali dengan tertib. (m43)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here