PGN Pastikan Ledakan Di Jalan Kruing Bukan Dari Jaringan Pipa Gas Bumi

0

MEDAN (Waspada): PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk memastikan ledakan yang terjadi di rumah toko (ruko) di Jalan Kruing, Medan, Sumatera Utara, bukan berasal dari jaringan pipa gas bumi milik PGN.

Pihak PGN mengakui, memang di kawasan tersebut terdapat jaringan pipa gas bumi milik PGN dan sebagian masyarakat di Jl. Kruing Medan tersebut merupakan pelanggan PGN termasuk ruko yang menjadi korban ledakan, namun sumber ledakan bukan dari pipa gas bumi.

Sales Area Head PGN Medan, Saeful Hadi (foto) yang turun langsung ke lokasi pasca terjadinya ledakan di kawasan tersebut, Kamis (11/4) malam mengatakan, berdasarkan pantauan langsung di lapangan melihat meteran gas masih bagus dan tidak adanya kebocoran pipa yang ditemukan di lokasi.

“Laporan TPG PGN memastikan bahwa instalasi gas PGN yang tersambung dalam rumah tidak rusak dan ledakan di Jalan Kruing Medan masih diselidiki. Semuanya telah diperiksa, tidak ada yang rusak dan bocor,” ujarnya. Namun demikian, lanjutnya, penyelidikan masih terus dilanjutkan dengan kawalan aparat keamanan untuk memastikan penyebab ledakan.

Menurut informasi TPG PGN, ada kemungkinan ledakan tidak berasal dari aliran gas pipa, tetapi dipicu penyebab lain. “Namun demikian sesuai SOP, kami menutup sementara aliran gas dan polisi juga tengah melakukan olah TKP,” tegasnya.

Dijelaskannya, bahwa gas bumi bersifat lebih ringan dari udara, apabila terjadi kebocoran gas bumi tidak akan memenuhi ruangan apalagi dilihat di lapangan rumah tersebut banyak ventilasi udaranya.

“Kalau gas bumi, karena lebih ringan dari udara, saat ada kebocoran maka dia akan terbang ke udara dan keluar lewat ventilasi yang ada. Selagi ada ventilasi di atas, Insya Allah aman,” tambahnya. (m41)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here