Menteri ATR Resmikan Pelabuhan Internasional Kuala Langsa

0
MENTERI ATR Dr H Sofyan A Djalil memotong pita pada peresmian Izin Eksport Import dari Kementerian Perdaganagan didampingi Walikota Langsa Tgk Usman Abdullah, SE di Pelabuhan Kuala Langsa, Kec. Langsa Barat, Sabtu (13/4). Waspada/dede
MENTERI ATR Dr H Sofyan A Djalil memotong pita pada peresmian Izin Eksport Import dari Kementerian Perdaganagan didampingi Walikota Langsa Tgk Usman Abdullah, SE di Pelabuhan Kuala Langsa, Kec. Langsa Barat, Sabtu (13/4). Waspada/dede

LANGSA (Waspada): Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Dr H Sofyan A Djalil meresmikan Pelabuhan Internasional Kuala Langsa setelah dikeluarkannya Izin Eksport Import dari Kementerian Perdagangan No. 24 Tahun 2019 di Pelabuhan Kuala Langsa, Kec. Langsa Barat, Sabtu (13/4).

Peresmian ditandai penyerahan izin ekspor impor berdasarkan Permendag No. 24/2019. Sofyan A Djalil mengatakan, Presiden Jokowi awalnya tidak begitu merespon persoalan izin ekspor impor yang diminta Pemko Langsa berselang satu hingga dua minggu izin keluar.

“Persoalan izin yang diminta Pemko Langsa sudah tujuh tahun, namun setelah dilakukan komunikasi intensif dengan Menteri Perdagangan, akhirnya presiden menindaklanjuti untuk memberikan izin,” ujar Sofyan A Djalil. “Inilah persoalan birokrasi, ke depan jangan lagi ada birokrasi, oleh karenanya presiden minta melepas rantai birokrasi tanpa ada hambatan,” tambahnya.

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Ir Agung Kuswandono MA menyampaikan banyak masalah di perikanan, tapi masyarakat diharap tenang karena negara kita negara maritim. Pelabuhan Kota Langsa adalah pelabuhan internasional juga diperlukan bea cukai dan hal lainnya.

Dikatakan lagi, apa saja produk yang diekspor dan impor ke depan harus sesuai izin yang berlaku. Sedangkan barang yang akan diekspor meliputi buahan-buahan seperti manggis, daun nipah, ikan, serta berbagai home industri untuk manca negara.

Selain itu yang perlu disiapkan di Pelabuhan Kuala Langsa seperti CIQ, TNI dan Polri mohon distanbykan. “Jangan jadikan Pelabuhan Langsa untuk penyelundupan narkoba, saya siap membantu untuk menyongsong pelabuhan besar,” jelas Agung.

Wali Kota Langsa, Usman Abdullah SE, menyiratkan dengan dikeluarkannya izin ekspor impor pelabuhan Kuala Langsa merupakan kado teristimewa karena sudah tujuh tahun lebih upaya ini dilakukan baru mendapatkan izin.

Izin ekspor impor Pelabuhan Kuala Langsa yang dikeluarkan oleh Menteri Kemendag merupakan kado teristimewa. “Kita berharap dengan lahirnya izin eksport import Pelabuhan Kuala Langsa bisa menjadi maju dan berkembang serta menghidupkan perekonomian bagi masyarakat Kota Langsa,” harapnya.

Hal senada dikatakan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Koperindagkop UKM) Kota Langsa, Drs Zulhadisyah MSP. Kepada wartawan dia menyebutkan, dengan adanya izin dimaksud maka denyut nadi perekonomi masyarakat kelak akan meningkat. (m43)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here