Di Indonesia terdapat 4.100 kasus baru kanker pada anak. 

0

JAKARTA (Waspada): World Health Organization (WHO), setiap tahun penderita kanker bertambah 6,25 juta orang dan 4 persen (250 ribu) diantaranya adalah anak-anak. Diperkirakan di Indonesia terdapat 4.100 kasus baru kanker pada anak.

Pada anak usia 0-14 tahun, prevalensi kanker anak adalah 9 per 100 ribu penduduk. Sedangkan di usia anak 0-5 tahun, prevalensi kanker anak adalah 18 per 100 ribu penduduk.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak penderita kanker, PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk melalui produk unggulannya Tolak Angin Anak mengunjungi Rumah Singgah Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) dan memberikan bantuan dana senilai Rp350 juta.

“Kehadiran kami hari ini ingin berbagi kebahagiaan dengan anak-anak penderita kanker. Kami datang menghibur anak-anak, sehingga setidaknya mereka tidak merasa kesepian,” kata Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat di Jakarta Pusat, Senin (15/4).

Menurutnya, bantuan yang diberikan adalah uang tunai yang akan dimanfaatkan untuk membangun rumah singgah. Pihaknya pun sudah survey terlebih dahulu dan YKAKI ini terpercaya dan dikelola dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut, Irwan menyatakan akan menjembatani anak usaha dan kolega/relasi bisnis untuk turut membantu YKAKI. Sebab rumah kanker anak ini menjadi rujukan dari berbagai rumah sakit di Indonesia.

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Ketua YKAKI Ira Soelistyo. Selain penyerahan bantuan, Tolak Angin Anak Sido Muncul juga menghadirkan Maskot Tolak Angin Anak, pesulap, serta story teller untuk menghibur anak-anak penderita kanker.

Bantuan bagi anak-anak penderita kanker ini merupakan salah satu dari rangkaian  kegiatan CSR Sido Muncul. Acara semakin meriah dengan adanya makan es krim bersama.

Dalam tahun ini, Sido Muncul terus memfokuskan perhatiannya dalam berbagai kegiatan kemanusiaan seperti yang telah dijalankan yaitu Operasi Katarak Gratis, Bantuan bagi Lansia di Panti Jompo, Bantuan Rumah Singgah Penderita Kanker, dan Bantuan Kebakaran.

YKAKI merupakan yayasan sosial yang berdiri sejak 1 November 2016. YKAKI memiliki visi bahwa setiap anak Indonesia yang menderita kanker berhak mendapat pengobatan serta perawatan yang sebaik-baiknya, juga hak belajar maupun bermain walaupun dalam keadaan sakit. Kini, YKAKI telah memiliki tujuh cabang di seluruh Indonesia.

YKAKI menyediakan rumah singgah bagi penderita kanker beserta keluarganya yang disebut dengan Rumah Kita. Rumah ini untuk menampung dan memenuhi kebutuhan yang layak bagi anak-anak penderita kanker bersama dengan orang tua mereka dari kalangan ekonomi menengah ke bawah dalam menjalani pengobatan kanker. (j03)

Irwan Hidayat bersama para pengurus yayasan dan anak-anak penderita kanker berfoto bersama seusai pemberian bantuan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here