Berani dan Gila itu hanya Beda Tipis

0
Ocean Ramsey berenang bebas bersama hiu putih raksasa terbesar yang pernah ditemui di lepas pantai Oahu, Hawaii, Amerika Serikat, pada 15 Januari lalu (Juan Oliphant via AP)

Sebagian orang menghabiskan waktu hidupnya untuk melakukan banyak hal yang mereka sukai. Tapi, hanya segelintir orang yang mau melakukan apa yang mereka sukai meski itu jelas-jelas berbahaya. Hal itulah yang dilakukan oleh Ocean Ramsey, seorang aktivis konservasi alam dan peneliti hiu di Hawaii, Amerika Serikat.

Seperti diberitakan Associated Press, Ramsey pada Selasa, 19 Januari lalu tengah melakukan free diving (penyelaman bebas tanpa bantuan oksigen) bersama tunangannya, Juan Oliphant, di lepas pantai Oahu. Saat itulah keduanya bertemu dengan segerombolan hiu yang tengah menyantap bangkai seekor paus sperma.

Untuk orang biasa, tentunya ini adalah pemandangan yang mengerikan. Namun, bagi Ramsey ini adalah keberuntungan. Beruntung, karena di antara hiu-hiu itu, ia dan Oliphant melihat sesosok hiu putih raksasa (great white shark) yang disinyalir sebagai hiu putih raksasa terbesar yang pernah ditemui. Menurut Ramsey, hiu sepanjang 6 meter itu ‘tengah berenang dengan anggunnya’ di antara hiu-hiu lain.

Tanpa membuang banyak waktu, Ramsey segera mendekati hiu raksasa tersebut, sementara Oliphant menyiapkan kameranya. Foto-foto dan video Ramsey bersama hiu berjenis kelamin betina ini kemudian menjadi viral serta menuai banyak pujian dari banyak pihak, termasuk para pecinta alam. Meski ada segelintir orang yang menyebutnya ‘gila’.

Meski beruntung bertemu dengan hiu raksasa ini, Oliphant masih tidak yakin jika ini merupakan hiu deep blue. Deep blue disinyalir sebagai hiu laut dalam terbesar di dunia saat ini, meski sosoknya belum pernah ditemui secara langsung. “Ia (hiu yang ditemui Ramsey) memang mirip (dengan kriteria hiu deep blue). Mungkin akan lebih menyenangkan jika ada hiu putih raksasa superbesar di luar sana, karena populasi mereka menurun drastis,” ujar Oliphant kepada Associated Press.

“Saya tidak tahu berapa usianya. Tetapi, sangatlah menakjubkan baginya dapat bertahan di antara sekian banyak jaring dan pemburu yang selalu mengintai, siap untuk membunuhnya. (Pertemuan) ini sangat spesial bagi saya,” kata Ramsey penuh haru.

Konservasionis Ocean Ramsey meneliti videonya menyelam bersama hiu putih raksasa. (Juan Oliphant via AP)

Ramsey, yang bekerja di lembaga One Ocean Diving and Research bersama Oliphant, mengatakan bahwa dirinya tengah berusaha mengajukan proposal pelarangan perburuan serta pembunuhan hiu dan ikan pari di Hawaii. Menurutnya, fotonya bersama hiu raksasa itu seharusnya menjadi semacam penyemangat agar manusia semakin peduli terhadap kelangsungan hidup hiu putih raksasa. “Hiu-hiu ini seharusnya dilindungi, bukan ditakuti,” seru Ramsey.

Ocean Ramsey bersama tunangannya, Juan Oliphant. (Juan Oliphant via AP)

Ramsey bukan anak kemarin sore dalam hal menyelam. Ia kerap melakukan penelitian di berbagai belahan dunia untuk mempelajari, mengidentifikasi, serta menandai hiu. Data-data yang ia peroleh kemudian diteruskan kepada badan-badan pemerintah.

Terkait foto-fotonya yang tersebar di media sosial, Ramsey mengimbau agar orang awam tidak sembarangan berenang dan menyelam bersama hiu. Karena, terus terang saja, hal itu sangat berbahaya jika Anda tidak berpengalaman. Ramsey berani berenang di antara hiu-hiu raksasa karena ia tahu bagaimana caranya.

Klik untuk melihat video Ocean Ramsey berenang bersama hiu putih raksasa terbesar

Selain melakukan riset, wanita berambut pirang ini adalah pelatih selam yang andal. “Anda harus tahu kelakuan hiu. Dan yang paling penting, Anda jangan banyak ‘tingkah’ jika menemui hiu di samudera,” tegasnya. Berani dan gila itu memang hanya dipisahkan oleh benang tipis. Hanya kecintaan terhadap alamlah yang menjadi pembeda. (Associated Press/Aldion)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here