Peringatan Hardiknas Di Banten, Kemdikbud Ajak Masyarakat Mencintai Pendidikan

0

SERANG (Waspada): Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap 2 Mei telah digaungkan ke seluruh wilayah sejak akhirApril 2019. Temanya adalah Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.

Di Kota Serang, rangkaian peringatan Hardiknas dilakukan sejak 20-24 April di Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama, yang merupakan bagian dari situs sejarah Kesultanan Banten.

Peringatan Hardiknas di Kota Serang melibatkan masyarakat luas. Kegiatannya diisi dengan gerak jalan sehat, seminar dan diskusi pendididikan, bedah buku, bazaar buku, pameran pendidikan serta perlombaan olah raga dan seni antar siswa.

Dalam pembukaan, Sabtu (20/4), Walikota Serang mengatakan bangga karena kegiatan Hardiknas Provinsi Banten digelar di Kota Serang. Menurut dia, peringatan Hardiknas adalah momentum penting untuk mengajak masyarakat memahami pentingnya pendidikan bagi kehidupan.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Banten, M Salim Somad mengatakan, kegiatan Hardiknas 2019 merupakan kerja sama lintas unit pelaksana tugas daerah. Mulai dari Dinas Pendidikan, Badan Pengelola Paud Dikmas, Badan Bahasa Banten, UPT Museum, Ikatan Penerbit Indonesia wilayah Banten serta seluruh sekolah dan masyarakat luas. Hal ini menjadi poin penting untuk memperkuat upaya pembangunan pendidikan di wilayah Banten.

“Kerja sama untuk mencerdaskan bangsa telah diwujudkan dalam pelaksanaan peringatan Hardiknas 2019 ini. Kami berharap kegiatan ini menjadi peringatan serius terhadap pentingnya memperkuat pendidikan dan memajukan kebudayaan kita,” kata Salim.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr Sutanto dalam arahannya mengatakan, peringatan Hardiknas menjadi ajang penting untuk membangkitkan rasa cinta pada dunia pendidikan di seluruh lapisan masyarakat. Masyarakat perlu diingatkan bahwa pendidikan adalah modal utama membangun  kehidupan yang lebih baik.

“Dalam peringatan ini seluruh masyarakat juga diajak berpartisipasi dan bersama-sama menjaga kearifan lokalnya, situs budayanya. Hal ini menjadi bagian dari pendidikan karakter bangsa,’ kata Sutanto.

Acara pembukaan dihadiri seribuan lebih masyarakat mulai dari pelajar, pengunjung museum serta tamu undangan. Berbagai tarian dan kesenian unik khas Banten, seperti pertunjukan Debus, menjadi tontonan yang menarik.

Usai pembukaan, para pejabat melakukan gunting pita untuk pameran pendidikan dan bazar buku di satu tenda besar. Seluruh UPT wilayah Banten memamerkan kinerjanya dengan membuka aneka stan. Penerbit Gramedia turut berpartisipasi dengan menjual ribuan buku-buku terbaik dengan diskon menarik. (dianw/C).

Walikota Serang, Syafrudin (tiga dari kiri) bersama Sesditjen Dikdasmen Kemdikbud, Dr Sutanto saat meninjau pameran buku di acara peringatan Hardiknas 2019 di kawasan Banten Lama, Kota Serang, Sabtu (20/4). (dianw/B).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here