UNBK/USBN Di Langsa Lancar

0
Waspada/dede Seorang siswi MI Terpadu Kota Langsa saat mengikuti USBN dengan khitmad di sekolahnya, Senin (22/4).
Waspada/dede Seorang siswi MI Terpadu Kota Langsa saat mengikuti USBN dengan khitmad di sekolahnya, Senin (22/4).

LANGSA (Waspada): Pelaksaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkatan SMP/MTsN yang diikuti 3.112 peserta dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (UNBN) untuk tingkatan SD/MI diikuti 3.246 peserta berjalan lancar, Senin (22/4).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa, Dra Suhartini, MPd menyatakan, pelaksanaan UNBK maupun USBN berjalan lancar tanpa terkendala masalah.

“Jalani Ujian Nasional dengan baik, jangan lupa berdoa, shalat, berkoordinasi jika ada kendala di lapangan dan jaga kesehatan, selamat menjalankan ujian semoga sukses,” katanya.

Kabid Pembinaan SMP Disdukbud Kota Langsa, Drs Muhammad Yusuf, menjelaskan jumlah sekolah SMP/MTsN yang ada di Kota Langsa dengan jumlah 28 sekolah, meliputi laki-laki 1.578 dan perempuan 1.534 dengan total keseluruhan 3.112 peserta ujian.

Sedangkan Kabid Pendidikan Dasar Disdikbud Kota Langsa, Misnawati SPd, untuk sekolah SD/MI se-Kota Langsa ada 72 sekolah Jumlah peserta 1.710 pria dan 1.535 wanita dengan total  3.246 peserta ujian.

Sementara Kepala SMPN 3 Langsa, Sopian Hamid, SPd. MPd menyatakan, siswa yang mengikuti UNBK 405 siswa, terdiri dari 206 perempuan dan 199 laki-laki, sedangkan 2 orang siswa dinyatakan drop out (non aktif). Untuk teknis pelaksanaan ujian dibagi tiga sesi, yakni sesi pertama pukul 07:30 sampai 09:30, sesi kedua pukul 10:30-12:30, ketiga pukul 14:00-16:00.

“Sementara pelaksanaan UNBK di SMPN 3 Langsa secara umum berlangsung lancar tanpa ada kendala,” sebutnya.

Sedangkan Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Langsa, Drs H Salahuddin MPD, ditanya disela-sela monitoring dan evaluasi di MIN 2 Langsa menyatakan monev di beberapa Sekolah belum ditemukan kendala yang berarti, hanya saja ada beberapa sekolah MTsN yang belum memiliki komputer harus pinjam pakai di sekolah SMKN 2 Langsa.

“Alhamdulilah hasil monev di sekolah berjalan secara baik dan kita berharap anak-anak dalam kondisi sehat sehingga dapat menyelesaikan soal dengan baik,” pinta Salahuddin.

Kepsek MI Terpadu, Maddani SPd.I, menjelaskan Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Terpadu yang ikut USBN Lak-laki 47, perempuan 39, berjalan selama tiga hari kedepan (22/4) dengan mapel Bahasa Indonesia, (23/4) mapel Matematika dan (24/4) mapel IPA. 

Kemudian tanggal (25/4) dilanjutkan Ujian Akhir Madrasah Berstandart Daerah (UAMBD) dengan mapel SKI dan Alquran Hadist, (26/4) Bahasa Arab dan (27/4) Fikih dan Akidah Akhlaq.

Hal senada diungkapkan Humas MI Terpadu, Muzakkir SPd.I, menerangkan setiap siswa sudah diberikan pembekalan dengan berbagai persiapan yang matang, maka USBN maupun UAMBD bukanlah sesuatu yang menakutkan.

“Banyak hal yang siswa bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri sebelum menghadapi USBN maupun UAMBD, bisa dengan meningkatkan belajar secara individu, maupun kelompok, mengikuti bimbingan belajar, baik di sekolah/madrasah, maupun try out, baik diadakan oleh Sekolah/Madrasah maupun try out yang diadakan bersama-sama MI se-kota Langsa di bawah naungan K3M MI Kota Langsa,” pungkas Muzakkir.(m43)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here