Ada Sedikit Sesal Ajax

0
GELANDANG Ajax Donny van de Beek (tengah), berlari merayakan golnya ke gawang Spurs yang dikawal kiper Hugo Lloris di Tottenham Hotspur Stadium, London, Selasa (Rabu WIB).(Guardian)

LONDON (Waspada): Pelatih Erik ten Hag dan kapten Matthijs de Ligt, merasa sedikit menyesal Ajax Amsterdam hanya menang 1-0 dari tuan rumah Tottenham Hotspur pada laga leg1 semifinal Liga Champions 2018/2019.

Bola tendangan winger David Neres yang membentur tiang gawang Spurs di Tottenham Hotspur Stadium, Selasa (Rabu WIB), menjadi objek utama penyesalan mereka.

“Sedikit sesal tendangan Neres tak menjadi gol. Tapi kami menang 1-0 melawan Tottenham suda merupakan hasil luar biasa dan titik awal yang baik,” tutur Ten Hag di laman resmi UEFA, Rabu (1/5).

“Kami harus memetik pelajaran dan yakin bisa main lebih baik lagi pekan depan,” tambah pelatih plontos berumur 49 tahun tersebut.

Minimnya kreasi serangan Spurs, dimanfaatkan Ajax dengan menguasai bola sejak tendangan mula. Bahkan hanya butuh 15 menit bagi tim tamu untuk membuka keunggulan lewat gol Donny van de Beek.

Berawal dari giringan Neres di sisi sayap kiri, bola ditarik kepada Hakim Ziyech yang segera meneruskannya dengan umpan terobosan ke dalam kotak penalti. Van de Beek berdiri bebas tanpa kawalan untuk menaklukkan kiper Hugo Lloris.

De Amsterdamers jhampir menggandakan keunggulan menit 78 jika bola tendangan tajam Neres tak berakhir membentur tiang gawang The London Whites.

“Sungguh sayang tendangan Neres terkena tiang. Padahal itu akan memberikan kami posisi yang lebih kuat lagi,” klaim kapten De Ligt.

“Ini memang baru laga pertama, tapi kami menempatkan diri di posisi sangat baik. Tentunya karena kami memperoleh gol tandang,” tekadnya.

Menurut Van de Beek, Ajax harus mengulangi penampilan 30 menit pertama di markas Spurs, jika ingin meraih hasil terbaik saat melakoni leg2 pekan depan di Johan Crujff Arena, Amsterdam, Belanda.

Selama 30 menit pertama di London, Ajax tampil begitu agresif dan dominan.
“Babak kedua sedikit lebih sulit, tapi kami bisa mempertahankan keunggulan menuju laga kedua,” kata Van de Beek.

“30 menit awal itu sangat…sangat baik. Yang jelas kami harus merumuskan taktik agar bisa bermain seperti 30 menit pertama laga tadi,” tegasnya lagi.

Hanya saja pada leg2 di Amsterdam, Tottenham bakal meningkat karena sudah bisa kembali dibela striker Son Heung-min yang absen di laga pertama karena akumulasi kartu kuning. Spurs juga berpeluang diperkuat Harry Kane yang sedang dalam pemulihan cedera.

“Kini kami masih punya waktu 90 menit lagi untuk bisa lolos ke final. Mari bertarung dan berjuang untuk membuat impian kami menjadi kenyataan,” jelas Neres.

“Seperti yang semua orang lihat, kami banyak bertarung dan berjuang sangat keras sampai akhir untuk mempertahankan hasil ini,” pungkasnya.

Pemenang semifinal Ajax melawan Spurs nantinya akan menghadapi pemenang laga Barcelona kontra Liverpool pada partai puncak, 1 Juni mendatang. (m15/rtr/uefa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here