Kepa Aneh Kontra Arsenal

0
CBS
CBS

LONDON (Waspada): Kiper Kepa Arrizabalaga (foto) menjadi pahlawan kemenangan Chelsea dengan menggagalkan dua tendangan pemain Eintracht Frankfurt dalam drama adu penalti pada laga leg2 semifinal Liga Europa.

Berkat penyelamatan gemilang Kepa di Stadion Stamford Bridge, London, Kamis (Jumat WIB), Chelsea menang penalti 4-3 setelah kedua tim bermain 1-1 (agregat 2-2) sampai waktu normal 90 menit berakhir dan babak perpanjangan 2×15 menit.

Pada partai final di Baku, 29 Mei mendatang, The London Blues akan menantang Arsenal yang melaju mulus pasca menggasak tuan rumah Valencia 4-2 pada leg2 untuk lolos dengan agregat 7-3.

“Saya minta maaf karena ini tidak adil untuk Frankfurt. Mereka sangat bagus dan amat kuat, jadi kami senang,” kata Kepa di laman UEFA, Jumat (10/5).

“Kami sangat senang lolos ke final di Baku. Tapi kami menghadapi final yang sangat aneh melawan Arsenal dan derbi London,” tambah kiper termahal dunia asal Spanyol itu.

The Blues dan The Gunners akan memainkan all-English final ketiga di kompetisi UEFA, setelah Tottenham kalah agregat 2-3 melawan Wolves pada Piala UEFA 1972 dan Manchester United menang adu penalti melawan Chelsea di Liga Champions 2008.

Kalah 0-1 pada leg1 pekan lalu di Jerman, Si Biru langsung menggebrak sejak menit pertama di London. Namun pasukan Maurizio Sarri itu baru bisa menciptakan gol menit 28 melalui Ruben Loftus-Cheek.

Frankfurt membalasnya menit 49. Luka Jovic yang disebut sebagai salah satu penuntas terbaik di Eropa bermanuver dengan Gacinovic untuk menaklukkan barisan belakang Chelsea.

Chelsea kemudian meningkatkan tempo permainan, tetapi selalu bisa dicegat Frankfurt hingga skor 1-1 tetap bertahan hingga berakhirnya 2×15 menit babak perpanjangan waktu.

Manajer Maurizio Sarri mengaku tidak mempersiapkan London Blues untuk adu penalti, tapi Kepa muncul sebagai pahlawan dengan menggagalkan aksi dua eksekutor terakhir tim tamu.

“Tidak ada persiapan untuk adu penalti. Anda cukup menendang baik sekali di kotak penalti tetapi tekanannya memang keras,” papar Sarri.

Penendang pertama Frankfurt Sebastian Haller sukses mengeksekusi penalti. Pun demikian dengan penendang pertama Chelsea Ross Barkley.

Namun setelah Luka Jovic berhasil menyusul Haller, Cesar Azpilicueta gagal menaklukkan kiper Kevin Trapp.

Jonathan de Guzman menjadi penendang ketiga Frankfurt yang berhasil memasukkan bola, tapi Jorginho juga berhasil menjaringkan bola.

Martin Hinteregger menjadi penendang keempat Frankfurt dan dia gagal. David Luiz menyamakan 3-3 setelah sukses menjadi eksekutor keempat Chelsea.

Goncalo Paciencia selaku penendang terakhir Frankfurt gagal dan penendang terakhir Chelsea Eden Hazard berhasil menaklukkan Trapp untuk membuat kedudukan adu penalti 4-3. (m15/uefa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here