Banjir Rob Genangi Jalan Kuala Langsa

0
SEPANJANG 600 meter jalan menunju Gampong Kuala Langsa, Kec. Langsa Barat di Km 6 selalu digenangi banjir rob akibat dari pasang purnama setiap bulan. Waspada/dede
SEPANJANG 600 meter jalan menunju Gampong Kuala Langsa, Kec. Langsa Barat di Km 6 selalu digenangi banjir rob akibat dari pasang purnama setiap bulan. Waspada/dede

LANGSA (Waspada): Banjir rob menggenangi badan jalan lintasan Kuala Langsa persisnya di Km 6 Gampong Kuala Langsa, Kec. Langsa Barat, setinggi 90 cm membuat sebahagian warga kesulitan melintas, Selasa (21/5).

Muhammad Rizal, warga setempat mengatakan, pasang purnama (rob) memang lazim terjadi setiap bulannya dan menggenangi badan jalan, sehingga warga susah mau melintas, baik itu ke Kota Langsa maupun sebaliknya.

“Kalau sudah pasang purnama penuh, ketinggian air melampaui betis orang dewasa dan tidak satupun kendaraan mampu melewati jalan tersebut,” ujarnya. Menurut dia, kalaupun ada sepedamotor nekat melintasi jalan tersebut, maka mengalami mogok karena mesinnya mati dan harus mendorong 600 meter dari cafe WTC hingga tikungan cafe Khairani atau gudang pembuatan bot.

Hal senada dikatakan Geuchik Kuala Langsa, Rusmadi SKM ketika dihubungi melalui ponselnya. Ia mengatakan, persoalan pasang purnama sudah menjadi langganan setiap bulannya, dan terkait tergenangnya badan jalan juga sudah disampaikan ke dinas terkait.

“Kami dari pemerintahan gampong sudah sering membuat laporan ke dinas agar banjir rob tidak melanda badan jalan,” kata Rusmadi. Ia berharap Pemko Langsa melalui dinas terkait dapat meninggikan atau membuat benteng di sisi badan jalan agar air laut tidak menggenangi badan jalan.

“Badan jalan rusak karena selalu tergenang air laut akibat pasang purnama, dan sangat disayangkan Kuala Langsa merupakan salah satu gampong wisata mangrove yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar,” sebutnya berharap ada solusi mengatasi genangan banjir rob. (m43)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here