Iftar Budaya Digelar Di Istiqlal

0

JAKARTA (Waspada): Sejak 22 sampai 26 Mei 2019, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Direktorat Jenderal Kebudayaan menggelar iftar budaya di Masjir Istiqlal, Jakarta.

Iftar diisi berbagai kegiatan seperti pameran, dialog, pertunjukan seni dan budaya, olah raga panahan, permainan tradisional dan pemutaran film.

“Tujuannya adalah mengisi Bulan Ramadhan  dengan berbagai kegiatan yang menemukenali nilai-nilai budaya Islam di Indonesia melalui berbagai kegiatan yang ada di iftar ini,” kata Direktur Warisan Diplomasi Budaya Kemdikbud, Nadjamuddin Ramly dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (21/5).

Iftar budaya tahun ini adalah tahun ketiga. Tema tahun ini adalah ‘Seni dan Siar Islam’. Seperti diketahui, siar Islam masuk secara bergelombang di Tanah Air, sehingga membentuk lapisan-lapisan peradaban.

“Kita mengenal ada empat teori besar tentang masuknya Islam di Indonesia. Masing-masing teori dibedakan dari tempat persebaran dan periodenya. Sesampainya Islam di Nusantara, ia disebarkan ke seluruh penjurua oleh wali-wali melalui suri tauladan yang baik dan kesenian,” kata Nadjamuddin.

Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI), Laksma TNI (Pur), Asep Saepudin mengatakan, pihaknya merasa sangat bangga  kegiatan Iftar Budaya digelar di Masjid Istiqlal untuk ketiga kalinya.

“Semoga kegiatan ini dapat terus menambah keimanan dan keyakinan ummat muslim dan masyarakat pada umumnya tentang perkembangan Islam yang dinamis dan membawa berkah di Tanah Air,” kata Asep.

Pemerintah, lanjut Nadjamuddin juga berencana menggelar Festival Istiqlal pada 2020. Festival Istiqlal pernah beberapa kali dilakukan pada pertengahan ’90 lalu. (dianw/C).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here