Waspadai Peredaran Narkoba Lewat Kargo

0

DELISERDANG (Waspada): Wakil Direktur (Wadir) Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara AKBP Frenky Yusandhy menyatakan semua pihak diminta untuk mewaspadai masuknya peredaran narkoba, termasuk melalui pengiriman kargo.

AKBP Frenky Yusandhy menyatakan hal itu kepada Waspada, Rabu (22/5), usai pemaparan kasus tangkapan 16 Kg daun tanaman Khat (Catha Edulis) atau jenis Narkotika Golongan 1 di Kantor Bea dan Cukai Kualanamu.

Disebutkan Frenky, saat ini banyak sekali modus pelaku dalam mengelabui petugas. Oleh karenanya, sangat diperlukan kejelian dan ketelitian petugas di lapangan dalam melakukan pemeriksaan. Apalagi, petugas yang berada di X-Ray.

“Pengungkapan kasus daun Khat atau jenis Narkotika Golongan 1 yang diungkap Bea dan Cukai bekerjasama instansi terkait di Kantor Pos Lalu Bea Tanjungmorawa patut diapresiasi,” katanya.

Saat ini, pihaknya sedang mengembangkan kasus tersebut guna memburu kemungkinan adanya tersangka lain. “Ya, betul masih satu tersangka yang ditangkap berinisial HAS,46 warga Tanjungbalai,” paparnya.

Persoalan narkoba merupakan masalah serius yang harus diberangus. Karena dampaknya sangat merusak nasib generasi muda ke depan. Dit Res Narkoba lanjutnya sejak 2018 sudah melakukan penangkapan 6.500 kasus narkoba dan 7000 tersangkanya.

Sebelumnya Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara Brigjen Pol Atrial juga memberikan apresiasi terkait pengungkapan kasus Narkotika Golongan I yang diungkap Bea dan Cukai Kualanamu.

Menurut Atrial, tantangan ke depan petugas di lapangan akan semakin berat, di mana modus operasi pelaku dalam mengelabui petugas sangat lihai. Oleh sebab itu, Atrial kembali mengingatkan petugas untuk senantiasa waspada.

Apalagi petugas Bea dan Cukai Kualanamu yang berada di garda terdepan pintu masuknya penumpang. Saat ini, ada 803 narkoba jenis baru, tapi yang sudah terdeteksi ada 72 jenis narkotika. Dari jumlah itu, 66 jenis narkotika  masuk di undang undang Permenkes Indonesia. (m29/B)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here