Kans Kembali Kane

0
STRIKER Tottenham Harry Kane (2 kanan) bakal potensial merepotkan benteng pertahanan Liverpool pada final Liga Champions di Wanda Metropolitano, Madrid. Sky Sports
STRIKER Tottenham Harry Kane (2 kanan) bakal potensial merepotkan benteng pertahanan Liverpool pada final Liga Champions di Wanda Metropolitano, Madrid. Sky Sports

LONDON (Waspada): Manajer Mauricio Pochettino mengatakan, striker Harry Kane berpeluang kembali tampil membela Tottenham Hotspur pasca pulih dari cedera pergelangan kaki.

Kane dibekap cedera saat Spurs melawan Manchester City pada leg pertama perempatfinal Liga Champions, April lalu. Kini kondisinya dilaporkan hampir membaik dan kansnya terbuka lebar untuk main lagi saat Spurs menjajal Liverpool pada final Liga Champions di Madrid, 1 Juni mendatang.

“Dia sudah kembali berlatih dan memasuki pemulihan tahap akhir. Kami berharap, dia akan dapat membantu kami, baik dari awal maupun dari bangku cadangan,” papar Pochettino.

“Atau jika tidak, maka dengan memberi kami dukungan moral di ruang ganti. Tapi kami optimis, dia akan bisa membantu kami di lapangan,” klaim pelatih asal Argentina itu, seperti dilansir Reuters, Jumat (24/5).

Kembalinya bomber Inggris berumur 26 tahun itu tentunya akan menjadi tambahan kekuatan bagi The London Whites. Dengan naluri mencetak gol Kane yang tinggi, Tottenham bisa saja mencetak sejarah dengan menggondol trofi Si Kuping Besar.

Kane pun masuk paket kejutan yang bakal disajikan Pochettino untuk mengimbangi banyaknya variasi taktik Juergen Klopp yang mengarsiteki Liverpool.

“Tidak mungkin untuk mengatakan ini hanya laga biasa. Hebatnya, kami masih memiliki tiga pekan untuk menikmatinya dan ssemua orang akan mengharapkan pertempuran taktik,” jelas Pochettino.

“Tetapi emosi akan menjadi faktor penentu. Kami adalah dua tim yang saling mengenal, jadi tidak ada taktik yang mengejutkan. Sisi emosional akan menjadi fundamental,” katanya menambahkan.

Menurut Pochettino, The Lilywhites akan menjadi tim kuda hitam bagi The Res yang tahun lalu juga mentas di final, namun kalah 1-3 dari Real Madrid yang mengukir sejarah baru menjadi juara tiga musim beruntun.

“Mungkin Liverpool favorit karena mereka lolos ke final tahun lalu. Tidak ada yang menyangka Tottenham akan lolos ke final, tetapi kami berada di sini karena kemampuan kami,” tegasnya.

“Kita bisa membuat sejarah, jika kita berhasil meraih kemenangan di final. Kami sedang bersiap untuk final dan memenangkannya. Masih banyak yang harus dilakukan, tentu saja saya termotivasi untuk bertahan,” lanjut Pocchetino.

Kabar Gembira Bagi Liverpool

Seperti halnya Spurs, Liverpool juga mendapat kabar gembira karena striker Roberto Firmino dan gelandang Naby Keita berangsur sembuh dari cedera.

Keita pulih lebih cepat dari cedera paha yang dideritanya dan akan diberi kesempatan untuk membuktikan kebugarannya menjelang final melawan Tottenham.

Gelandang Guinea ini cedera saat Liverpool kalah 0-3 pada leg pertama semifinal Liga Champions melawan Barcelona. Sejak itu dia disebut-sebut bakal absen dua bulan, sehingga Keita tidak bisa memperkuat negaranya pada Piala Afrika bulan depan.

Tapi kini Klopp menyatakan pemain berusia 24 tahun itu mengalami kemajuan yang cepat di kamp latihan Liverpool di Marbella.

“Naby sedikit mendahului jadwal, tetapi itu tidak berarti apa-apa untuk final. Dia sekarang berlatih lari, dia merasa nyaman dengan intensitas 50 persen, masih ada jalan yang mesti ditempuh,” kata Klopp.

“Jika dia tidak 100 persen bugar, maka dia tidak bisa dimainkan. Tapi kelihatannya dia baik-baik saja, sangat positif dan mari kita ligat apakah ada kesempatan,” beber mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Sedangkan Firmino yang akrab dipanggil Bobby, telah kembali berlatih sejak Selasa lalu pasca pulih dari cedera otot.

“Bobby terlihat baik sekali, dia kini bagian dari latihan. Tidak terlalu lama absen, tetapi sudah tentu kami harus hati-hati dan ingin memastikan tidak terjadi apa-apa,” klaim Klopp.

Gelandang Alex Oxlade-Chamberlain yang sudah lama bergelut dengan cedera, pun telah pulih serta berharap dapat membantu Si Merah di final Liga Champions 2018/2019.

“Jika saya bisa ikut terlibat, maka itu akan luar biasa. Namun hanya dengan berada di lapangan nanti dan bugas secara fisik sudah menjadi hal yang sangat baik untuk saya,” tegas Chamberlain melalui Daily Mail.

“Saya senang dapat kembali, mimpi ini menjadi kenyataan. Tetapi semua ini bukanlah tentang saya seorang, melainkan terkait semua orang yang tampil di lapangan harus melakukan tugasnya untuk klub ini,” pungkasnya. (m15/rtr/dm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here