YBM PLN UIK SBU Salurkan Zakat Pegawai

0
GENERAL Manager PLN UIK SBU, Bambang Iswanto secara simbolis menyerahkan santunan kepada kaum dhuafa dan anak yatim, dalam acara buka puasa bersama, di kantor PLN UIK SBU, Jumat (24/5). Waspada/Sugiarto
GENERAL Manager PLN UIK SBU, Bambang Iswanto secara simbolis menyerahkan santunan kepada kaum dhuafa dan anak yatim, dalam acara buka puasa bersama, di kantor PLN UIK SBU, Jumat (24/5). Waspada/Sugiarto

MEDAN (Waspada): Yayasan Baitul Maal (YBM) PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara (UIK SBU) menyalurkan zakat pegawai yang dikutip 2,5% setiap bulannya kepada kaum dhuafa dan anak yatim.

Total zakat pegawai senilai Rp448 juta tersebut disalurkan kepada pihak-pihak yang berhak menerimanya dalam acara buka puasa bersama dengan tema “Bersama Sambut Bulan Penuh Kebaikan dan Optimisme”, di aula kantor PLN UIK SBU Jalan Brigjen Katamso, Medan, Jumat (24/5).

Penyaluran zakat dalam bentuk bantuan dan santunan tersebut langsung diserahkan General Manager PLN UIK SBU, Bambang Iswanto kepada 50 anak yatim piatu dari Panti Asuhan Al Kahfie dan kepada 212 orang kaum dhuafa serta penyerahan simbolis program-program bantuan YBM PLN UIK SBU.

“Total bantuan yang disalurkan Rp448 juta dari dana YBM PLN UIK SBU, dimana dananya bersumber dari zakat 2,5% dari seluruh pegawai muslim di UIK SBU yang dikumpulkan setiap bulannya,” ujar Bambang Iswanto.

Sementara itu, Ketua YBM PLN UIK SBU Rakhmadsyah didampingi Bagian Amil Marhot Rambe menambahkan, selain disalurkan kepada anak yatim dan kaum dhuafa, bantuan juga diberikan dalam program Cahaya Alquran di pelosok daerah meliputi Deliserdang, Langkat, Tobasa, Karo, dan Samosir sebesar Rp124,8 juta dan program Tebar Da’i dan Ustaz di pelosok dengan bantuan sebesar Rp102 juta.

Kemudian dalam program beasiswa Sahabat Pendidikan Dhuafa dengan sebesar Rp126 juta, program Beasiswa Santri Tahfidz untuk Pesantren Abdurrahman bin Auf sebesar Rp54 juta, dan program Bantuan untuk Guru MDTA Kampung Nelayan Belawan sebesar Rp42 juta.

Pada kesempatan itu, Bambang Iswanto juga mengajak semua pegawai PLN UIK SBU memaknai Ramadhan sebagai momentum meningkatkan amal dan ibadah kepada Allah SWT. Dengan demikian akan terus timbul semangat dan melaksanakan tugas dan tanggung jawab.

“Selamat berpuasa dan selamat menyongsong datangnya hari kemenangan. Kita terus berharap memberikan pelayanan kelistrikan yang terbaik bagi masyarakat, karena kerja-kerja yang baik adalah ibadah kita juga,” ujar Bambang.

Dia juga mengingatkan agar semua pegawai tetap siaga menjaga kehandalan pasokan listrik untuk kebutuhan masyarakat luas. Terjadinya listrik padam beberapa waktu yang lalu di bulan Ramadhan, merupakan pelajaran paling berarti agar selalu siap siaga untuk kehandalan pasokan listrik.

Sebelum berbuka, diisi dengan tausyah oleh Ustaz Yazid Samsudin yang menekankan pentingnya mengisi hidup dengan selalu berbuat baik. Setelah berbuka, dilanjutkan shalat maghrib dan makan malam bersama. (m41)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here