Italia Langsung Bidik Bosnia

0

ATHENA (Waspada): Gelandang Nicolo Barella mengaku senang berkolaborasi dengan Jorginho dan Marco Verratti, Sabtu (Minggu WIB), saat Timnas Italia menggunduli tuan rumah Yunani 3-0 pada matchday 3 Kualifikasi Euro 2020 Grup J.

Tetapi dia tak sudi larut dalam euforia dan mengajak rekan setimnya langsung beralih membidik kemenangan lanjutan atas Bosnia-Herzegovina pada matchday 4 di Stadion Allianza, Turin, Rabu (12/6) dinihari WB.

“Saya bermain dengan dua gelandang terbaik di Eropa (Jorginho dan Verratti). Saya sangat senang dengan sistem ini,” beber Barella di situs resmi UEFA, Minggu (9/6).

“Namun kami sekarang mesti beralih fokus pada laga melawan Bosnia-Herzegovina,” tambah gelandang Cagliari berusia 22 tahun tersebut.

Barella, Jorginho dan Verratti dimainkan allenatore Roberto Mancini sejak awal dalam formasi 1-4-3-3. Selain Verratti yang digantikan Lorenzo Pellegrini menit 81, komposisi lini tengah Italia tidak mengalami perubahan sampai laga usai.

Gli Azzurri tampil dominan dengan menguasai hampir 70 persen pengendalian bola dan melepaskan 16 percobaan tembakan, 10 di antaranya menemui sasaran.

Hanya saja Mancini melihat masalah konsistensi permainan justru berkurang pada babak kedua. “Kami bermain bagus dan bisa mengatasi pertandingan seperti ini, sesuai yang kami inginkan sejak awal,” jelasnya.

“Kami pintar saat dalam kondisi bertahan tingkat tinggi. Tetapi kami kurang pandai di babak kedua saat kami berusaha mencetak gol keempat,” kritik mantan pelatih Inter Milan dan Manchester City iltu.

Barellla membuka keran gol Italia menit 23 dengan menyontek bola di area tiang jauh menyambut umpan tarik kiriman striker Andrea Belotti.

Tujuh menit kemudian giliran Lorenzo Insigne yang mencetak gol. Setelah melewati Andreas Samaris, Insigne melepaskan tembakan melengkung yang tak mampu dijangkau kiper Vasilios Barkas di sudut atas gawang Hellas.

Tiga menit berselang, bek sentral sekaligus kapten Leonardo Bonucci mencetak gol ketiga Azzurri dengan menyambut umpan sepak pojok kiriman Emerson.

Keunggulan tiga gol itu bertahan hingga laga usai, kendati Italia memiliki sejumlah peluang lain untuk memperbesar kemenangan mereka.

Berkat kemenangan tersebut tim besutan Roberto Mancini kian mantap di puncak klasemen sementara Grup J dengan raihan sembilan poin penuh. Sedangkan Yunani (4) harus rela turun ke urutan ketiga.

“Saya telah absen sejak September, jadi saya gembira kembali ke fase kualifikasi untuk kompetisi penting seperti ini,” tegas Belotti.

“Menurut saya, ini adalah titik awal yang penting, baik secara pribadi dan untuk tim nasional,” pungkas penyerang Torino tersebut. (m15/fi/uefa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here