Pasca Kerusuhan Rutan Sigli Dijaga Ketat, Tiga Tahanan Narkoba Kabur

0
SEJUMLAH anggota kepolisian terlihat berjaga di sekitar pintu masuk Rutan kelas IIB, Benteng, Sigli, Kab. Pidie, Minggu (9/6). Waspada/Muhammad Riza
SEJUMLAH anggota kepolisian terlihat berjaga di sekitar pintu masuk Rutan kelas IIB, Benteng, Sigli, Kab. Pidie, Minggu (9/6). Waspada/Muhammad Riza

SIGLI (Waspada): Paska kerusuhan berakhir dengan kebakaran, Senin (3/6), Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB, Benteng, Kota Sigli, Pidie dijaga ketat aparat keamanan dari jajaran kepolisian dan TNI. Demikian pantauan waspada, Minggu (9/6). Pada bagian lain, aparat kepolisian dari Polres Pidie masih mencari tiga tahanan yang kabur pasca kerusuhan. Mereka adalah Amat Blong, Edi Laweung, dan Teungku Maimun Keumala. Ketiga tahanan masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Pidie.

Kapolres Pidie AKBP Andi NS Siregar, menjelaskan penjagaan dan pengamanan di Rutan Sigli masih dilakukan secara optimal. Hal ini mengingat kondisi Rutan yang porak-poranda pasca terjadinya kerusuhan yang berakhir dengan kebakaran. “Kita masih standby di lokasi. Terlebih ada permintaan dari Kalapas mengingat suasana lebaran, jadi fasilitas yang kemarin itu belum maksimal diperbaiki. Seperti sel belum siap di las. Jadi dengan alasan itu Kalapas minta memperpanjang kita melakukan pengamanan di Lapas,” katanya.

Kapolres mengungkapkan, setelah kerusuhan sekira pukul 21:30, enam tahanan coba melarikan diri. Tiga di antaranya berhasil ditangkap dan tiga orang lainnya berhasil kabur. Kini ketiga tahanan narkoba tersebut masih dicari aparat kepolisian.

Amatan waspada, banyak keluarga Napi dan tahanan berkunjung. Para tamu terlebih dahulu diperiksa petugas Rutan yang berada di bawah tenda. Sementara sejumlah personel polisi terlihat berjaga-jaga di luar Rutan. Sesekali personel polisi berpakaian lengkap melakukan patroli berjalan mengelilingi Rutan.

Kepala Rutan Kelas IIB, Benteng, Sigli, Kab. Pidie, Mathrios Zulhidayat Hutasoit menjelaskan, selama masa lebaran hingga Minggu (9/6) jadwal kunjungan diberikan dari pukul 09.00 sampai pukul 16.00. Mulai Senin ini jadwal kunjungan akan berlaku normal. (b10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here