Tamparan Prancis Tanpa Kolektivitas

0

KONYA, Turki (Waspada): Juara dunia Prancis menelan kekalahan 0-2 dari Turki, Sabtu (Minggu WIB), saat bertandang ke Stadion Konya Buyuksehir di Konya pada matchday 3 Kualifikasi Euro 2020 Grup H.

Dua gol yang disarangkan Kaan Ayhan dan Cengiz Under ke gawang kiper Hugo Lloris, tak mampu dibalas oleh Prancis yang tampil dengan kekuatan penuh.

Pelatih Didier Deschamps mengakui, pasukannya pantas mendapat tamparan keras karena tampil tanpa kolektivitas, seperti yang sebelumnya mereka tampilkan ketika menjuarai Piala Dunia 2018 di Rusia.

“Saat Anda bermain seperti itu dalam level kolektif, tidak ada yang Anda bisa ambil dari pertandingan. Kami tidak bisa meletakkan itu, padahal kami membutuhkannya,” sesal Deschamps, seperti dikutip dari AFP, Minggu (9/6).

“Itu tamparan di wajah kami dan tidak banyak yang bisa saya katakan. Kami memiliki tantangan yang berbeda pada hari Selasa (melawan Andorra) dan perlu kembali ke dasar permainan kami,” harapnya.

Prancis jelas dituntut menang saat menghadapi tim lemah Andorra pada matchday 4 di Estadi Nacional, Andorra la Vella, Rabu (12/6) dinihari WIB. Sebab Les Bleus kini anjlok ke urutan dua nilai 6, minus tiga angka di bawah Turki yang mengambil alih posisi puncak sementara klasemen Grup H dengan koleksi sembilan poin.

Prancis tampil dengan 63 persen pengendalian bola sepanjang laga. Namun dominasi itu hanya berbuah empat percobaan tembakan yang tak satu pun mengarah tepat ke gawang lawan.

Sebaliknya tuan rumah tampil begitu agresif dengan melepaskan 11 percobaan, enam di antaranya menemui sasaran.

Sejak awal duel kiper Lloris dipaksa berlari cepat kembali ke sarangnya demi melakukan penyelamatan atas upaya cerdik Kenan Karaman menyundul umpan silang Under.

Menit 30 kapten Prancis dan Tottenham Hotspur itu tak diberi kesempatan untuk bereaksi atas bola tandukan Ayhan yang menyambut umpan sundulan Merih Demiral dalam situasi bola mati.

Lima menit jelang turun minum, Turki menggandakan keunggulan dengan memanfaatkan keteledoran lini pertahanan Prancis.

Burak Yilmaz berhasil memaksa barisan pertahanan tim Ayam Jantan kehilangan bola hasil tendangan gawang Turki. Dorukhan Tokoz kemudian mengendalikannya sejenak sebelum melepaskan umpan yang dengan dingin diselesaikan oleh Under untuk kembali menjebol gawang Lloris. (m15/afp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here