10 Pemimpin Dunia dengan Pendapatan Tertinggi

0
Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong (kiri) bersama Presiden Amerika Serikat Donald Trump

Meski tidak memiliki rekening segendut para CEO start-up dan peranti lunak, pendapatan para pemimpin di negara-negara maju dunia tergolong tinggi. Menrut laporan USA Today yang dirilis baru-baru ini, para kepala negara ini berpenghasilan di atas US$200.000 hingga US$1,6 juta.

Laporan terbaru USA Today ini merupakan lrangkuman data dari Wall Street dan organisasi internasional seperti International Monetary Fund (IMF) serta CIA World Factbook.

Namun demikian, laporan tersebut tidak mengikutsertakan para pemimpin dari negara-negara kerajaan absolut seperti, Qatar, Brunei Darrussalam, dan Arab Saudi karena keterbatasan data yang tidak konsisten. Berikut rangkuman 10 kepala negara dengan gaji tahunan tertinggi sedunia:

  1. Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong

Lee Hsien Loong yang berusia 67 tahun telah menjabat sebagai PM selama 14 tahun 9 bulan. Pendapatan pertahunnya sebesar US$1,6 juta atau Rp22,82 miliar. Ia menjadi pemimpin dunia dengan gaji tertinggi.

  1. Kepala Eksekutif Hongkong Carrie Lam

Lam diketahui sebagai salah satu kepala birokrasi dengan bayaran tertinggi di dunia. Terlebih, baru-baru ini Hongkong telah menaikkan gaji para kepala pemerintahan sebesar 12,4%. Gaji tahunan wanita 61 tahun ini sebesar US$568.400 atau Rp8,10 miliar.

  1. Presiden Swiss Ueli Maurer

Presiden Ueli Maurer berpendapatan US$482.958 atau Rp6,89 miliar per tahun. Gaji presiden berusia 68 tahun ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan para kepala negara lain yang tergabung dalam Organisasi untuk Kerja Sama dan Perkembangan Ekonomi (OECD).

  1. Presiden Amerika Serikat Donald Trump

Trump telah menjabat sebagai presiden AS selama  2 tahun 4 bulan. Gaji pertahun pria 72 tahun yang juga merupakan taipan real estate ini adalah sebesar tahunan US$400.000 atau Rp5,70 miliar. Namun begitu, Trump menepati janjinya dengan tidak mengambil gajinya sebagai presiden. Ia mendonasikan seluruh pendapatannya.

  1. Perdana Menteri Australia Scott Morrison

PM Morrison memiliki pendapatan tahunan sebesar US$378,415 atau Rp5,40 miliar, tujuh kali lebih besar dari pada pendapatan rata-rata warga negaranya. Pria 50 tahun ini baru menjabat sebagai PM selama 9 bulan. Sebelumnya ia bekerja sebagai pelayan publik di universitas selama hamper 10 tahun.

  1. Kanselir Jerman Angela Merkel

Dengan gaji tahunan sebesar US$369,727 (sekitar Rp5,27 miliar), pendapatan kanselir 64 tahun ini delapan kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan penghasilan rata-rata warga Jerman. Ia telah menjabat selama 13 tahun 6 bulan dan mengumpulkan jutaan dollar selama masa jabatannya.

  1. Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern

PM 38 tahun ini dikenal memiliki peternakan biri-biri di lahan yang sangat luas. Gaji tahunannya yang sebesar US$339,862 atau Rp4,84 miliar duapuluh kali lebih besar daripada pendapatan warga Negeri Kiwi. Ardern baru menjabat selama 1 tahun 7 bulan.

  1. Presiden Mauritania Mohamed Ould Abdel Aziz

Presiden 62 tahun ini telah menjabat selama 9 tahun 10 bulan dan memiliki gaji tahunan sebesar US$330.000 (sekitar Rp4,70 miliar). Di bawah pemerintahannya, Mauritania telah menjalin hubungan yang erat dengan China. Negaranya merupakan titik penting dalam inisiatif One Belt One Road (OBOR) yang digagas China.

  1. Kanselir Austria Sebastian Kurz

Di usia 32 tahun, Kurz merupakan pemimpin negara termuda. Dengan masa jabatan 1 tahun 5 bulan, ia memiliki gaji tahunan sebesar US$328.584 atau Rp4,70 miliar. Kurz pertama kali berkecimpung di dunia politik di usia 22 tahun dan menjabat sebagai kepala Partai JVP di Vienna.

  1. Perdana Menteri Luksemburg Xavier Bettel

Pria 46 tahun yang telah menjabat selama 5 tahun 6 bulan ini memiliki pendapatan tahunan sebesar US$278.035 atau Rp3,96 miliar. Luksemburg merupakan salah satu negara terkecil di dunia dengan 596,992 penduduk. Jika gaji Bettel dibagikan kepada seluruh warganya, maka mereka akan kebagian 48 sen per orang.  (USA Today/And)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here