Aktivitas Nelayan Kembali Normal

0
PARA nelayan memilah berbagai jenis ikan hasil tangkapan salah satu kapal motor (KM) yang melakukan bongkar muat di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Idi, Aceh Timur, Minggu (16/6). Waspada/M. Ishak
PARA nelayan memilah berbagai jenis ikan hasil tangkapan salah satu kapal motor (KM) yang melakukan bongkar muat di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Idi, Aceh Timur, Minggu (16/6). Waspada/M. Ishak

IDI (Waspada): Setelah libur lebaran, ribuan nelayan sepanjang pesisir perairan pantai timur Aceh kembali beraktivitas. Sementara harga jual ikan di pasaran berangsur normal, seperti ikan dencis dan tongkol yang sebelumnya dijual Rp12 ribu-Rp16.000 per kilogram kini dijual Rp8.000-Rp10.000 per kilogram. “Setelah mengisi logistik, seluruh kapal sudah mulai melaut, dan sebagian kapal nelayan mulai meninggalkan dermaga PPN Idi sejak H+5 dan H+6 lebaran Idul Fitri,” kata Abdul Manan, pemilik kapal motor di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Idi, Aceh Timur, Minggu (16/6).

Dia mengaku hasil tangkapan ikan pasca Idul Fitri kian menggembirakan, tetapi keuntungan belum memuaskan. “Hasil tangkapan lebih meningkat, bahkan dalam sekali jalan bisa mencapai 10 ton. Tapi karena daya beli rendah untuk jenis ikan tongkol dan dencis, maka keuntungan masih seperti biasa,” katanya.

Bukan hanya kapal miliknya yang membawa ikan tongkol dan dencis, tapi seluruh kapal juga membawa hasil tangkapan sama. “Sejak Mei hingga Juli nanti masih tongkol dan dencis, karena tiga bulan ini sedang musim tongkol dan dencis,” ujar Abdul Manan.

Tajoel, tokoh nelayan Aceh Timur menambahkan, jenis ikan tongkol dan dencis hasil tangkapan nelayan terbanyak dalam dua bulan terakhir yang dipasarkan ke sejumlah wilayah di Aceh. “Ikan dencis dan tongkol bisa kita katakan lebih murah, karena semua pelabuhan atau tempat pelelangan ikan juga membongkar jenis ikan yang sama di Pulau Sumatera,” tambah Tajoel.

Untuk harga ikan hasil tangkapan ikan kakap, kerapu dan bawal, masih bertahan antara Rp45.000 hingga Rp55.000 per kilogram. “Bawal, tenggiri, kerapu dan kakap tetap bertahan harganya, bahkan di pasaran masih dijual Rp65.000 per kilogram,” kata Tajoel.

Kepala UPTD PPN Idi Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Aceh, Ermansyah dikonfirmasi Waspada, mengatakan aktivitas nelayan mulai terlihat Minggu (9/6). “Tapi sebagian juga mulai melaut sejak Sabtu (15/6) kemarin. Sedangkan untuk hasil tangkapan ikan lumayan melimpah dan harganya juga akan menyusul normal,” kata Ermansyah. (b24)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here