Hutan Negara Tangkapan Air Danau Toba Terbakar

0
KOBARAN api melalap kawasan hutan negara. Waspada/Panitra Nedy
KOBARAN api melalap kawasan hutan negara. Waspada/Panitra Nedy

TONGGING (Waspada): Hutan negara sebagai tangkapan air Danau Toba di kawasan wilayah Desa Silalahi dan Desa Paropo Kec. Silalahi Sabungan, Kab. Dairi sejajar dengan hutan negara di wilayah Desa Kodon-kodon, Desa Tongging, Kec. Merek, Kab. Karo, Minggu (16/6) terbakar. Kebakaran sempat membuat panik wisatawan karena banyak mobil mereka parkir di pinggir jalan provinsi Tongging-Silalahi. Mereka pun menggeser mobilnya masing-masing ke tempat yang lebih aman.

Selain mengkhawatirkan pengunjung, arang bekas terbakarnya daun tanaman hutan beterbangan dan hinggap di pakaian pengunjung yang membuat warna hitam bila digosok. Bahkan piring tempat makan tamu juga dihinggapi arang hitam bekas bakaran.

Sejauh ini belum dapat diukur berapa luas hutan yang terbakar dan belum ada pihak-pihak terkait yang nampak berupaya melakukan pemadaman. Soalnya angin kencang dan teriknya matahari di wilayah itu memicu terbakarnya kawasan hutan lebih cepat.

Kebakaran hutan sempat menyita perhatian wisatawan yang berkunjung karena kawasan makin luas yang terbakar. Mengetahui kebakaran ini, beberapa warga terlihat berjaga-jaga di perbatasan ladangnya. Belum diketahui penyebab kebakaran, namun warga setempat berasumsi, kebakaran disebabkan ketidaksengajaan para pemikat burung atau wisatawan yang membuang puntung rokok.

Dhea Monica, wisatawan dari desa tetanga bersama teman-temannya melihat kebakaran dari asap yang mengepul di lereng pegunungan batu itu sekitar pukul 10.30. Hingga sore, belum terlihat tanda-tanda dilakukannya pemadam api terhadap hutan negara yang terbakar. (cpn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here