Dinkes Nagan Raya Tinjau Pabrik Kuades, Ribuan Kotak Sudah Ditarik

0
Karyawan saat bekerja di pabrik Kuades Padang Panjang Keamatan Kuala Nagan Raya, Senin (17/6). Waspada/Muji Burrahman

NAGAN RAYA (Waspada): Tim Laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya bersama Ketua HMI yang juga Ketua Penelitian Pogram Hibbah Bina Desa Tentang Air mineral meninjau pabrik PT. Tirta Lestari Padang Panjang Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya, Senin (17/6).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya A. Rafik didampingi Tim Labortarium Irfan mengatakan, sudah menyelidiki ternyata memang benar air mineral kuades ini sedikit keruh karena terjadi pada saringan bor dan sekarang sudah diperbaiki, jadi pihak perusahaan welcome dengan adanya informasi ini agar dapat berjalan dan kita akan mengawal dan membina terus tentang air meniral kuades tersebut.

Rafik menambahkan, agar Kuades aman bagi pelanggan, pihak perusahaan langsung menarik produk yang ada,” tambah Rafik.

Sementara Pimpinan PT. Lestari Kuades Chalvin Yap yang didampingi Wakil Pimpinan Yanto menjelaskan,  sudah kita lakukan penarikan di semua toko dan lebih kurang 800 sampai ribuan setelah ada keluhan dari masyarakat. Katanya, barang yang ditarik itu diganti yang baru.

Karena kita mengakui memang keruh disebabkan adanya saringan botol sedikit kotor sehingga air tersebut kotor.

Sebelumnya Ketua Umum HMI Nagan Raya juga Ketua Penelitian Pogram Hibbah Bina Desa Tentang Air mineral Zubir meminta laboratorium memanggil PT. Lestari tersebut disebabkan air tersebut keruh.

“Kekeruhan air dapat ditimbulkan oleh adanya bahan anorganik dan organik yang terkandung dalam air seperti lumpur dan bahan yang dihasilkan oleh buangan industri,” tambah Zubir. (cb07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here