Capai Sejuta Mahasiswa, UT Buka Pendaftaran Sepanjang Tahun

0

TANGERANG SELATAN (Waspada): Universitas Terbuka (UT) akan terus membuka pendaftaran mahasiswa baru sepanjang tahun. Hal itu menjadi strategi UT untuk membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyrakat untuk meraih pendidikan tinggi bermutu, sekaligus upaya UT mencapai 1 juta mahasiswa dalam waktu dekat.

“UT tidak menutup pendaftaran sepanjang tahun. Selain untuk mencapai target satu juta mahasiswa sampai tahun depan, hal ini juga dimaksudkan sebagai upaya memberi akses luas ke masyarakat untuk masuk PTN,” kata Rektor UT, Ojat Darojat usai mewisuda 2.500 sarjana strata 1 dan 2 di Kampus UT, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Selasa (18/6).

Selain terus membuka pendaftaran, menyasar lulusan SMA juga menjadi strategi tersendiri. Keinginan itu tercapai, karena kini mahasiswa UT yang berusia di bawah 25 tahun atau lulusan SMA sudah mencapai 40 persen dari sedikitnya 322,5 ribu mahasiswa yang sedang belajar saat ini.

“Bahkan tahun lalu yang mendaftar ke UT itu 75 persennya adalah lulusan SMA. Jadi UT memang sudah beranjak citranya, dari kampus para pekerja menjadi kampus yang juga milik anak muda,” kata Ojat.

Untuk mewadahi keinginan mahasiswa saat ini, sudah ada 5 Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) yang disulap menjadi kampus dengan konsep ‘smart campus’. Kampus pintar ini memiliki sarana dan prasarana berkumpul untuk berbagi dan bersosialisasi diantara sesama mahasiswa.

“Tahun ini rencananya kami akan kembali menambah fasilitas smart campus di 10 UPBJJ,” kata Ojat.

Saat ini UT memiliki 322.500 mahasiswa yang tersebar di puluhan UPBJJ di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, 2.500 orang diantaranya ada di luar negeri. (dianw/C)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here