Top Stories

Menjerat Korupsi Lintas Negara
Menjerat Tindak Pidana Korporasi
Setelah Akil, Patrialis, Siapa Menyusul?
Ahok Ancam Ketua MUI Pusat
NU 91 Tahun

Opini

Bayi Terpapar Narkoba

Seorang anak bahkan bisa terpapar Narkoba sejak masih dalam kandungan jika ibunya merupakan seorang ...

Ulama Pemecah NKRI ?

Mohon WNI yang beragama Islam sadarlah, ingatlah besok, lusa kita akan kembali pada Allah SWT. Apaka...

Menjerat Korupsi Lintas Negara

Kasus korupsi nampaknya bukan hanya masalah nasional saja tapi juga masalah internasional. Perkemban...

Menjerat Tindak Pidana Korporasi

Tidak hanya pada law in the books, pada law in action pun korporasi juga telah dijadikan subjek huku...

Setelah Akil, Patrialis, Siapa Menyusul?

Perbuatan Patrialis bisa dianggap  ‘’luar bisa’’ maka sewajarnya diganjar hukuman paling berat. Sete...

Ahok Ancam Ketua MUI Pusat

Pada sidang ke-8 kasusnya, Ahok mengancam Ketua MUI Pusat dengan tuduhan memberikan kesaksian palsu....

NU 91 Tahun

Kelahiran NU 91 tahun lalu diwarnai berbagai dialog kepercayaan dan budaya sehingga menghasilkan seb...

Mimbar Jumat

Bayi Terpapar Nar...

Seorang anak bahkan bisa terpapar N...

Ulama Pemecah NKR...

Mohon WNI yang beragama Islam sadar...

Menjerat Korupsi ...

Kasus korupsi nampaknya bukan hanya...

Menjerat Tindak P...

Tidak hanya pada law in the books, ...

Lentera

Bayi Terpapar Nar...

Seorang anak bahkan bisa terpapar N...

Ulama Pemecah NKR...

Mohon WNI yang beragama Islam sadar...

Menjerat Korupsi ...

Kasus korupsi nampaknya bukan hanya...

Menjerat Tindak P...

Tidak hanya pada law in the books, ...

Lentera Ramadhan

Bayi Terpapar Nar...

Seorang anak bahkan bisa terpapar N...

Ulama Pemecah NKR...

Mohon WNI yang beragama Islam sadar...

Menjerat Korupsi ...

Kasus korupsi nampaknya bukan hanya...

Menjerat Tindak P...

Tidak hanya pada law in the books, ...

Banner
Wirausaha Sebagai Pijar Perekonomian
Articles | Opini
Written by muhammad faisal on Tuesday, 07 February 2017 10:26   
Share

Dalam pengembangan kewirausahaan mahasiswa, pemerintah, dan universitas harus memiliki perhatian khusus kepada mahasiswa yang serius ingin mengembangkan usahanya

Bisnis merupakan salah satu sektor perekonomian masyarakat, dimana yang dapat meningkatkan tarap hidup masyarakat. Peningkatan bisnis terus terjadi di Indonesia, hal tersebut tentu saja dapat dilihat dari banyaknya pedagang yang mulai bermunculan di sekitar kita. Mulanya bisnis adalah salah satu alternatif bagi masyarakat yang tidak mendapat pekerja. Tetapi, dari tahun ke tahun, persepsi masyarakat akan dunia bisnis mulai berbeda, masyarakat mulai memandang bisnis adalah suatu pekerjaan yang istimewa dan berkelas.

Perkembangan dunia bisnis di Indonesia mendapat perhatian khusus dari pemerintah, dan lembaga keuangan. Jika pemerintah telah mengukuhkan undang-undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, maka lembaga keuangan syariah juga mulai memberi perhatian khusus pada masyarakat yang ingin mengembangkan atau membangun usaha dengan memberikan pembiayaan. Perhatian dari kedua elemen ini, menjadi sebuah tombak bagi pengembangan usaha masyarakat yang ingin menggeluti dunia usaha.

Meningkatnya perkembangan dunia usaha bukan hanya saja di kalangan masyarakat, bahkan mahasiswapun kini telah berusaha untuk mengembangkan wirausaha di dalam kampus. Pengembangan ini telah mereka lakukan mulai sejak dini, sehingga nantinya, ketika mereka sudah tidak menduduki bangku perkuliahan, mereka tidak kesusahan lagi mencari pekerjaan, mereka akan mengembangkan usaha yang sudah mereka geluti dari bangku perkuliahan. Hal seperti inilah yang seharusnya diterapkan mahasiswa dalam dunia perekonomian, agar nantinya mahasiswa dapat memberikan atau menciptakan lowongan pekerjaan bagi masyarakat.

Di dalam pengembangan wirausaha yang digeluti oleh mahasiswa, seharusnya pihak kampus dan pemerintah memberi perhatian khusus, baik dari segi strategi menghadapi pasar, pengembangan potensi wirausaha, penguatan produk yang telah diciptakan, sampai pada pengembangan produk itu sendiri. Perhatian ini dapat diberikan pada mahasiswa lewat seminar khusus, atau pelatihan-pelatihan kecil yang dilakukan oleh pemerintah dan universitas, untuk terus menyemangati dan mengembangkan potensi usaha yang telah digeluti oleh masing-masing mahasiswa. Hal ini tentu saja, dapat menguatkan kepercayaan diri yang ada di dalam diri mereka dalam menjalani wirausaha.

Untuk meningkatkan ide kreatif yang dimiliki oleh mahasiswa, pemerintah dan universitas dapat bekerjasama dalam rangka mengembangkan atau meningkatkan wirausaha yang ada di dalam kampus, yang dilakoni oleh mahasiswa itu sendiri. Kerjasama itu dapat dilakukan dengan cara pengadaan lomba bisnis plan, atau perencanaan bisnis yang akan dimulai oleh mahasiswa. Mahasiswa dapat menuangkan ide-ide atau gagasannya kedalam sebuah proposal, dimulai dari nama produk, pangsa pasar, pengembangan produk, hingga akumulasi harga yang akan ditetapkan. Setelah itu, proposal yang telah dibuat oleh mahasiswa dipersentasikan kepada pihak-pihak tekait, guna untuk melihat apakah proposal itu dapat dikembangkan dan dibina oleh pihak kampus dan pemerintah. Di dalam hal ini, apabila proposal itu dianggap bagus oleh kedua intitusi, maka mahasiswa akan diberikan pelatihan dalam pengembangan produknya, mungkin saja pelatihan tersebut dapat dilakukan dua minggu sekali atau satu minggu sekali, agar nantinya pihak kampus dan pemerintah tahu tentang keseriusan mahasiswa dalam pengembangan usahanya.

Dalam pengembangan bisnis mahasiswa, yang diadakan oleh pihak kampus dan universitas, diharapkan dapat mendorong para mahasiswa untuk melakukan kegiatan wirausaha. Sebab, semakin banyak mahasiswa yang melakukan wirausaha, maka akan semakin banyak pula lapangan kerja yang akan dibuka, dan semakin sedikit pula angka pengangguran yang ada di masyarakat. Untuk itu, kampus juga perlu menekankan kepada para mahasiswanya, agar mampu menciptakan lapangan kerja setelah lulus kuliah nanti, yang bertujuan untuk membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran yang ada di masyarakat.

Pengembangan-pengembangan dunia bisnis yang ada di kampus dapat dimulai dari yang kecil, semisalnya dengan cara melakukan pameran kewirausahaan mahasiswa, pelatihan kewira usahaan, melakukan pengadaan bisnis plan, dan seminar tentang kewirausahaan yang mendatangkan pengusaha muda yang sudah berhasil. Hal ini tentu saja akan membangkitkan para mahasiswa untuk melakukan wirausaha, terlebih apa yang telah mereka lihat di dalam seminar adalah sebuah bukti nyata, bahwa mahasiswa juga dapat berhasil untuk melakukan manaklukan dunia bisnis dan pangsa pasar. Tentu saja, di dalam seminar tersebut, universitas juga harus berusaha untuk mendatangkan pengusaha muda yang namanya sudah melambung dan tidak asing lagi ditelinga mahasiswa.

Motivasi-motivasi kecil seperti mendatangkan pengusaha muda ke kampus, tentu akan mendorong mahasiswa untuk melakukan bisnis serta mengembangkan bisnis yang mereka miliki. Bisa saja pihak kampus berkerjasama dengan lembaga keuangan atau pemerintah dalam mengadakan seminar, yang akan memotivasi mahasiswa untuk melakukan kegiatan tersebut. Hal tersebut bukanlah hal yang tidak mungkin, menjadikan mahasiswa mampu merebut pasar dengan produk yang mereka miliki. Kegiatan ini sudah menjadi suatu bentuk yang nyata, dalam memotivasi mahasiswa untuk melakukan pengembangan usaha yang mereka miliki. Ada beberapa mahasiswa yang mampu melambungkan namanya di dalam dunia usaha, seperti Reza Nurhilman, pengusaha keripik singkong maicih. Hella Ayu Setyanita Mahasiswa Universitas PGRI Semarang, pengusaha muda Kerupuk Rajungan Crabby. Yassa Pramita Singgih Mahasiswa Bina Nusantara, Pengusaha toko Online Men's Publik. Muhammad Arif Susanto Mahasiswa Intitute Teknologi Surabaya, pengusaha Dus Duk Duk.

Dalam pengembangan kewirausahaan mahasiswa, pemerintah, dan universitas harus memiliki perhatian khusus kepada mahasiswa yang serius ingin mengembangkan usahanya. Tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi tentang perkembangan usaha yang mereka lakukan. Apabila keduanya sudah berkerja sama dalam melakukan pengembangan usaha mahasiswa, maka perekonomian masyarakat sudah terbentuk sejak dibangku perkuliahan. Angka pengangguran akan semakin menurun, lapangan kerja juga semakin banyak, dan peningkatan tarap perekonomian negara juga akan semakin meningkat. Untuk itu, wirausaha mahasiswa yang di dalam kampus butuh di kembangkan, pemerintah juga perlu memberi perhatian khusus kepada mahasiswa yang ingin mengembangkan usahanya. Sebab, dengan terbentuknya wirausaha mahasiswa sejak dini, akan meningkatkan perekonomian negara dan masyarakat.

Oleh Riyan Pradesyah

Penulis adalah Dosen Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam UMSU.


Tags: Riyan Pradesyah  
 

Internasional

Wirausaha Sebagai Pijar Pe...

Dalam pengembangan kewirausahaan mahasiswa, pemerinta...

Bayi Terpapar Narkoba...

Seorang anak bahkan bisa terpapar Narkoba sejak masih...

Ulama Pemecah NKRI ?...

Mohon WNI yang beragama Islam sadarlah, ingatlah beso...

Menjerat Korupsi Lintas Ne...

Kasus korupsi nampaknya bukan hanya masalah nasional ...

JoomlaXTC NewsPro - Copyright 2009 Monev Software LLC

Portal Harian Waspada